UMP Tambah Profesor Lagi

UMP Tambah Profesor Lagi

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menambah satu lagi Profesor Bidang Ilmu Pendidikan Sejarah, setelah sebelumnya memiliki dua Profesor yang telah dikukuhkan. Pengukuhan satu Profesor baru yaitu Dr. Tanto Sukardi,M.Hum untuk Bidang Ilmu Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP) UMP.

 

Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH mengatakan, dengan diraihnya Profesor oleh Prof.Dr. Tanto Sukardi,M.Hum, saat ini UMP sudah memiliki tiga orang Profesor yang kesemuannya berasal dari FKIP UMP.

 

“Sejak 2007 kami mempersiapkan Magister-Magister yang dibutuhkan, karena kami juga berkeinginan menyelenggarakan S3. Setelah ini, kami akan melakukan pengusulan kembali JAFA (Jabatan Fungsional Akademik) Profesor atas nama Dr. Sunandar. Mudah-mudahan upaya kami ini dapat berjalan lancar,” jelas Rektor.

 

Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah VI, Prof. DYP Sugiharto didampingi Sekretaris Pelaksana, Amsar, SH.MM serta jajaran Kabag dan Kasi menyerahkan SK Profesor atas nama Prof. Dr. Tanto Sukardi,M.Hum, kepada rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH dengan didampingi yang bersangkutan selaku penerima SK.

 

Ia menyampaikan harapan adanya kontribusi terkait dengan keilmuan agar lebih produktif lagi. “Pada aspek lain, keberhasilan Prof. Dr. Tanto Sukardi, M.Hum meraih Profesor dapat menjadi virus untuk peningkatan jabatan fungsional akademik di lingkungan UMP, sekaligus menguatkan upaya-upaya untuk mengembangkan UMP,” tandasnya.

 

Prof. DYP Sugiharto menjelaskan, Prof. Tanto merupakan Profesor urutan ke-76 di Kopertis VI untuk Profesor yang aktif dari sepuluh ribu dosen tetap Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Tengah saat ini. “Jadi Prof. Tanto ini masuk dalam kategori manusia langka,” pungkasnya.

 

Ia memaparkan, dari jumlah 76 Profesor ini, 31 orang berstatus dosen PNS dipekerjakan, sedangkan 45 orang berstatus sebagai dosen tetap yayasan.

 

Menurut Prof. DYP Sugiharto, keberhasilan yang diraih Prof. Tanto merupakan berkah yang langsung dapat dirasakan, yakni masa tugasnya menjadi 70 tahun. “Mudah-mudahan prof. Tanto senantiasa sehat, sehingga dapat mengabdikan keilmuannya,” katanya. (wid/tgr)

000
Read 128 times Last modified on Friday, 18 May 2018 04:43
Rate this item
(0 votes)

About Author

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.