Written by Admin Category: berita internal
Published Date Hits: 949
Print

Sumber : www.ump.ac.id

Berbicara tentang kemajuan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) di usianya yang ke 51 juga tidak terlepas dari Bidang kemahasiswaan dan Alumni. Sejak terpilih di tahun 2015 lalu sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ir. Aman Suyadi MP, mantan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) mulai menargetkan beberapa hal yang mantap untuk kemajuan bidangnya. Aman menguatkan arah dan orientasi pembinaan kemahasiswaan di UMP melalui pAl-Islam dan Kemuhammadiyahan, softskills, dan prestasi mahasiswa. 

Biro yang ada di bawah koordinasinya adalah Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA). Melalui biro ini, Aman ingin unit terkait berada dibawahnya dapat semakin mengejewantahkan cita-cita besar UMP, menuju World Class University (WCU) di tahun 2013. Ada 5 lembaga yang ada dibawah BKA yaitu 1). Career Development Center (CDC) menangani pengembangan karir dan kewirausahaan, 2). Student Advisory Center (SAC) yang mempunyai tugas memberikan pendampingan pada mahasiswa dalam menyelesaikan studinya, 3). Student Scientific Center (SSC) berkonsentrasi melakukan pembinaan bagi para mahasiswa untuk dapat menghasilkan karya ilmiah dan menyelenggarakan pemilihan mahasiswa berprestasi, 4). Student Training Center (STC) menangani pengembangan softskill para mahasiswa dengan merancang dan menyelenggarakan berbagai Training, seperti BEST (Becoming Excellent Student Training), SMART (Softskills Management and Resolution Training), dan SUCCESS (Spiritual Up  & Career Competencies Empowering by Soft Skills), dan 5).Alumni Center (AC) bagian yang secara terus menerus membangun komunikasi dengan para alumni serta melaksanakan tracer study dalam rangka mendukung pengembangan universitas termasuk untuk kepentingan akreditasi program studi/fakultas.

Aman memastikan semua lembaga tersebut harus mampu melayani mahasiswa dengan baik, menuju arah pembinaan mahasiswa yang terintegrasi dalam Pedoman Kegiatan Ekstra-Ko Kurikuler Mahasiswa. Aman menghidupkan pengembangan minat dan bakat mahasiswa UMP melalui berbagai wadah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai unit kegiatan untuk mengasah minat dan bakat serta prestasi mahasiswa di berbagai bidang. UKM mendapat fasilitas berupa pendanaan yang cukup, sarana dan prasarana sekretariat, gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa), pembimbing dan pelatih bertaraf nasional. Tercatat, sampai dengan hari ini ada 15 UKM siap menampung minat dan bakat mahasiswa yaitu Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Satria, Broadcasting Gradiosta, Teater Perisai, Koperasi Mahasiswa (Kopma) Lebah, Galeri Seni dan Budaya (Gasebu), Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Kahfi, Pramuka, Olah Raga, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Bhaskara, Bela Diri(Tapak Suci, Karate, Tae Kwon Do), Pikma Youth Center, English Voice Organization (EVO), Paduan Suara, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan, dan Kebencanaan.

Aman memahami, untuk menciptakan mahasiswa yang sarat prestasi, UMP tidak boleh diam begitu saja. UMP harus ambil bagian menciptakan lingkungan yang kondusif, mendukung mahasiswa untuk berprestasi. Berkaitan dengan hal itu, Aman memantapkan kerjasama dengan Kepolisian Daerah Jawa Tengah dalam bentuk Forum Kemitraan Polisi, Masyarakat, dan Mahasiswa (FKPMM). Forum ini bertujuan menciptakan lingkungan kampus yang kondusif dengan kerjasama yang harmonis antara kedua institusi. Adapun untuk pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan,dan peredaran narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya di kampus, Aman mendorong UMP untuk bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kota dan Kabupaten (BNNK) Banyumas. Aman juga sedang mendorong program andalan lain untuk memberikan lingkungan yang baik pada mahasiswa yaitu dengan cara mengimplementasikan sistem pengelolaan asrama dan pemondokan mahasiswa melalui rumah susun sewa sederhana (rusunawa) dan sportorium. 

Nama besar perguruan tinggi tidak terlepas dari prestasi mahasiswanya. Maka dari itu Aman mendorong mahasiswa agara selalu menjadi tradisi juara mahasiswa UMP. Upaya tersebut membuahkan hasil, dalam beberapa tahun terakhir, prestasi mahasiswa UMP meningkat, baik di tingkat lokal, nasional ataupun internasional.  Di bidang penalaran, pada tahun 2015 - 2016 telah diterima 13 buah proposal PKM 5 Bidang yang didanai dari Hibah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen DIKTI) Kementerian Pendidikan Nasional.  Selain itu juga beberapa karya tulis ilmiah mahasiswi UMP berhasil menjadi juara 2 dalam seleksi Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Tingkat Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah tahun 2015 dan juara 2 Lomba Karya Seni Esai Nasional Tahun 2015. 

Di bidang olahraga dan seni tingkat regional, mahasiswa UMP berhasil ukir prestasi di 18 kejuaraan yaitu terbaik 1  dan juara 2 lomba pidato kependudukan tingkat provinsi Jawa Tengah tahun 2015, juara 1 tenis meja POMDA Provinsi Jawa Tengah 2015, juara 1 MTQ tingkat Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah 2015, juara 2 volley ball putra dan putri dalam turnamen volley ball Serulingmas cup 2015 antar PT se-Jawa Tengah, juara 2 pencak silat POMDA Provinsi Jawa Tengah 2015, juara 3 tunggal putra, ganda putri dan ganda putra dalam POMDA Provinsi Jawa Tengah 2015, juara 3 pencak silat (kelas D, kelas E putra putri, Kumite-60 Kg  putra putri dan beregu putra) POMDA Provinsi Jawa Tengah 2015, dan juara 3 tenis meja (putra dan ganda campuran) POMDA Provinsi Jawa Tengah tanggal 2015.

Sedangkan di tingkat nasional, UMP torehkan juara dalam 11 kejuaraan yaitu juara 1 taekwondo (under 68, 63, 50, 53, 57 dan poomsae), Kejuaraan Taekwondo Sumpah Pemuda Tahun 2015, GOR Popki Cibubur, Jakarta, runner up debat bahasa Inggris dalam National University Debating Championship (NUDC) on Coordination of Private Higher Education Region VI Central Java, juara 3 debat mahasiswa dalam Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional Tahun 2015,  juara 3 dan harapan 1 baca puisi Pekan Seni Mahasiswa PTM se-Indonesia 2015, juara 3 tenis meja Invitasi Olahraga Nasional antar PT UNY Cup 2015, juara 2 (MTQ), juara 2 serta juara 4 (pidato bahasa Inggris), juara 2 (pidato bahasa Arab) serta juara 2 (pidato bahasa Indonesia) dalam Asosiation Islamic Competition antar mahasiswa PAI tingkat nasional 2016. Pada bidang ekstrakurikuler, prestasi yang diraih mahasiswa UMP di tingkat regional adalah juara 3 Lomba Wana Lestari Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015 dan juara 3 Kader Konservasi Alam Lomba Wana Lestari Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015.

Aman mengungkapkan UMP juga memberikan perhatian yang besar pada mahasiswa berprestasi. Sejumlah penghargaan dan beasiswa diberikan pada mereka. Mengenai kesejahteraan mahasiswa lainnya, bidang kemahasiswaan dan alumni UMP memiliki beberapa program andalan seperti pemberian beasiswa dari Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah dan beasiswa universitas (beasiswa    Program    Prestasi    Akademik/PPA, beasiswa Bantuan  Belajar  Mahasiswa/BBM, beasiswa  Kader Muhammadiyah, beasiswa hafidz Al Quran dan beasiswa prestasi nasional). Beberapa fasilitas lain yang didapatkan oleh mahasiswa UMP adalah konsultasi psikologi gratis, layanan internet 24 jam, program jaminan kesehatan mahasiswa dan tali asih untuk mahasiswa dan orang tua mahasiswa yang meninggal dunia. “UMP memiliki komitmen untuk mencetak generasi unggul, modern dan Islami. Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UMP siap ambil peran aktif mewujudkan mahasiswa yang makin mendunia,“ tandasnya mantap. (Pra)

 

 

  • Visi
  • Misi

“Menjadi Universitas Unggul, Modern dan Islami”.

1.Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat secara    profesional serta menjalankan manajemen universitas sesuai dengan prinsip good university governance. 

2.Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan tuntutan zaman.

3.Mengaktualisasikan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Islam dalam penyelenggaraan universitas.