Written by Admin Category: berita internal
Published Date Hits: 792
Print

Sumber : www.ump.ac.id

Kemajuan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang makin unggul,modern dan Islami juga tidak terlepas dari bidang pengembangan, kerjasama dan Al Islam Kemuhammadiyahan. Bidang ini muncul sebagai  respon  dari  dinamika perkembangan dunia pendidikan. Dalam struktur organisasi pengelolaannya, bidang pengembangan, kerjasama, Al Islam dan Kemuhammadiyahan dikendalikan oleh Wakil Rektor IV BidangPengembangan, Kerjasama, Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang mengkoordinasikan kepada Biro Pengembangan dan Kerjasama, Biro Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (BTIK), Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI), dan Pusat Humas dan Promosi.

Pada Biro Pengembangan dan Kerjasama membawahi bidang Perencanaan dan Pengembangan, Kerjasama dalam negeri, dan Kantor Urusan Internasional. Adapun Biro Teknologi, Informasi, dan Komunikasi  (BTIK) membawahi bidang Sistem Informasi, Jaringan dan Komunikasi, dan Web dan Sosial Media. Sedangkan Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) membawahi bidang Pengkajian dan Publikasi, PPAIK, Pengajaran AIK dan Sekolah Kader, dan Konsultasi Agama dan Layanan Masyarakat. Untuk Pusat Humas dan Promosi membawahi bidang Humas, Promosi, dan Protokoler.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Kerjasama dan AIK UMP Ns. Jebul Suroso, MKep mengatakan ada beberapa hal yang telah tercapai dalam beberapa bulan terakhir. Jebul menginisiasi biro Pengembangan dan Kerjasama (BPK) untuk melakukan berbagai program kerja yang mendukung target UMP menjadi World Class University (WCU) di tahun 2031. Beberapa hal yang telah dilakukan yaitu membuka komunikasi dengan AUAP (Association of Universities of Asia and the Pasific), kerjasama serta melaksanakan Pengajaran Bahasa Indonesia di Sofia University Bulgaria, pengembangan program Double Degree ke NIIT-India, dan kerjasama dalam bidang Ilmu Kesehatan dengan National Cheng Kung University Tainan-Taiwan. 

Jebul menjelaskan hasil kegiatan kerjasama dan promosi tersebut telah berhasil membuka kerjasama baru antara UMP dengan PT/instansi di LN diantaranya kerjasama UMP-Cebu Normal University, Philippine, UMP-IIUM, Malaysia dalam pendirian Halal Food Centre, National Cheng Kung University Tainan, Mahidol University Thailand, Khon Kaen University, Thailand dan Tongren University, China. Tidak hanya wilayah Asia, UMP juga jalin kerjasama dengan perguruan tinggi Eropa seperti, Sofia University Bulgaria, Plodiv University Bulgaria, University of Groningen Belanda. Terbaru, UMP juga jajaki kerjasama dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia dalam bidang studi lanjut Program Doktor (S-3). Jebul memastikan, pemilihan perguruan tinggi tersebut terintegrasi pada sasaran yang sesuai dengan kebutuhan UMP.

Dalam bidang pertukaran mahasiswa, pada tahun akademik 2015 – 2016 Jebul juga berhasil menginisiasi peningkatan jumlah mahasiswa asing yang melaksanakan studi UMP yang berasal dari negara Thailand, Maroko dan New Zealand. “Suasana ini sangat berperan dalam mengembangkan dan menciptakan atmosfir internasional di kampus UMP,” katanya. Di samping itu, untuk semakin memantapkan iklim internasionalisasi yang ada di UMP bidang 4 juga mendatangkan sejumlah pakar dari luar negeri yaitu kunjungan Fujikawa Yoshinori, Ph.Ddan Dr. Tuswadidari Hiroshima University, Jepang dalam rangka International Public Lecture pada bulan Oktober 2015, kunjungan Prof. Aaron Wilson, Auckland University, New Zealand dalam rangka international conference dan kuliah tamu bagi dosen dan guru PAUD di Purwokerto pada 8 Oktober 2015 dan penerimaan intern staf atas nama Garett Griffith dari Utah, USA, Johan Mark Berends dari Belanda, Souhaila Guedira dari Morocco dan Sareenah Amir dari New Zealand.

Jebul juga memahami, internasionalisasi akan menjadi sebatas slogan jika tidak didukung oleh teknologi informasi dan internet yang memadai. Oleh karena itu melalui Biro Informasi, Teknologi, dan Komunikasi (BTIK) Jebul mengoptimalkan lini dengan baik. Menurutnya, seiring dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya jumlah mahasiswa di UMP, maka kebutuhan akses internet juga mengalami peningkatan. Oleh karena itu UMP berkejasama dengan PT Telkom telah meningkatkan kapasitas bandwith dan juga meningkatkan akses internet melalui pengadaan sejumlah hotspot. “Saat ini semua gedung di UMP sudah terhubung dengan jaringan internet melalui layanan hotspot sehingga dapat diakses dari setiap ruang,” jelasnya. Selain kapasitas internet beberapa hal lain yang telah dilaksnakan adalah peningkatan layanan hardware, software dan sistem informasi yang terintegrasi dengan baik.

Sedangkan dari Pusat Humas dan Promosi, Jebul menekankan beberapa hal vital yang memberikan impact besar bagi citra positif UMP. Beberapa hal tersebut adalah optimalisasi media luar ruang (video tron dan baliho), media daring (website dan media sosial lain),  kerjasama dengan media cetak dan televisi serta pembuatan sejumlah media promosi lain yang mendukung terciptanya corporate image building.

Tidak berhenti disitu, untuk mencapai target UMP makin mendunia, menuju WCU, Jebul merencanakan sasaran berikutnya yaitu penguatan dan pengembangan kerjasama internasional.  Saat ini, jumlah MoU kerja sama dalam negeri untuk kepentingan Tri Dharma Perguruan Tinggi kurang lebih hampir mencapai 150 MoU. Jebul memastikan, bidang pengembangan, kerjasama dan AIK UMP akan semakin memantapkan langkahnya untuk mendukung cita-cita UMP, makin mendunia. (Pra)

 

 

 

  • Visi
  • Misi

“Menjadi Universitas Unggul, Modern dan Islami”.

1.Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat secara    profesional serta menjalankan manajemen universitas sesuai dengan prinsip good university governance. 

2.Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan tuntutan zaman.

3.Mengaktualisasikan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Islam dalam penyelenggaraan universitas.